Kumpulan Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Kita

Buah pisang adalah buah yang sangat unik, buah ini dari suku musaceae, dan semua jenis buah pisang ini hampir semuanya bewarna kuning ketika sudah masang, yah meskiupun ada juga yang berwarna hijau, merah, unggu atau hitam.

Dan buah pisang ini, sebagai bahan pangan yang merupakan sumber energi atau karboidrat dan mineral, terutama adalah zat kalium.

Buah pisang hampir banyak sekali terletak didaerah Malesia (Asia Tenggara, Australia tropika dan papua). Dan tumbuhan ini hampir banyak sekali ada di iklim tropis panas dan lembab, terutama di daerah rendah.

Kumpulan Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan Kita

Oh ya karena di Indonesia adalah tempat yang sangat strategis maka buah pisang ini juga tumbuh subur sekali, dan banyak juga lho yang sudah di eksport ke luar negeri, dan para petani dan pengusaha buah pisang tumbuh subur di Indonesia.

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan


Sodium, Kalium (potassium), (25%) gula, Magnesium, dan Seng, (2%) protein, Pisang mengandung (68%) air, (1%), lemak dan minyak, (1%) serat Selulosa. Pati dan Asam Tanin, vitamin A (300 IU per seratus gram), vitamin B (B1, B2, B 6, dan 12 (100 mg per seratus gram)), dan sedikit Vitamin Z, Kalsium (100 mg per seratus gram), Fosfor, Besi, Persentase yang cukup dari vitamin D.

Buah naga sangat beragam sekali dalam mengkonsumsinya, ada yang dibuat kripik, ada yang dibuat krupuk sampai dibuat jus pisang, dan tetep khasiat buah pisang nomor satu lah.

Oke agar tidak penasaran dan bertanya-tanya, yuk simak artikel kami berikut ini ya, karena manfaat buah pisang sangat enak untuk dibahas, selamat membaca.

Manfaat buah pisang


  • Memperlancar sistem pencernaan tubuh

Mengkonsumsi buah pisang secara rutin, ternyata mampu untuk memberikan efek yang luar biasa bagi kesehatan usus Anda, karena adanya kandungan vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan serta dapat mencegah proses oksidasi lemak.
Kalium yang ada dalam buah pisang merupakan suatu tonik yang baik untuk kesehatan jantung. Dan serat pektin ini juga berfungsi dalam membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh.

  • Menurunkan berat badan

Buah pisang adalah buah yang mudah sekali dalam mengkonsumsinya, dan buah pisang ini dapat mengikat kotoran-kotoran yang ada dalam tubuh yang nantinya akan di buang dari dalam tubuh.
Jika Anda sedang melakukan program diet, cobalah untuk memasukkan buah pisang ini, karena ketika memakannya, perut akan cepat kenyang dan ketergantungan kita terhadap nasi (karboidrat) sedikit akan berkurang, dan diet pun sukes deh.

  • Meningkatkan kesehatan otak kita

Salah satu cara untuk menjaga otak kita tetep berfungsi baik adalah dengan rutin mengkonsumsi buah pisang, karena ada kandungan antioksidan yang mampu menghilangkan radikal bebas.

  • Mengobati jerawat

Jerawat adalah musuh yang sangat menakutkan, karena dengan adanya jerawat mampu menurunkan rasa percara diri kita.

Jika anda memiliki masalah dengan jerawat, maka cepat-cepatlah  untuk menangani proses ini, karena kalau dibiarkan akan semakin berbahaya.

Salah satu cara untuk mengobati jerawat adalah dengan membuat masker dalam buah pisang ini, yang nantinya akan dipakai di muka atau wajah kita.

Pakailah masker buah pisang ini secara rutin atau 3kali seminggu, karena hasil yang terbaik akan dihasilkan dari proses rutin yang kontinyu, cobalah.

  • Sumber energi alami

Rasa manis dalam buah pisang, mampu menghasilkan kadar gula alami untuk tubuh kita, yang nantinya mampu menjadi sumber energi, jadinya tubuh tidak menjadi loyo dan semangat pun semakin membara.

  • Kaya kandungan vitamin dan serat

Salah satu keajaiban dari buah pisang adalah kandungan gizi buah ini, karena buah pisang memiliki karboidrat 2 kali lipat lebih banyak dan 5 kali kandungan  vitamin A daripada buah apel.
Dan buah pisang memiliki potasium yang mencapai 400mg, ini sangat baik sekali dalam menjaga kesehatan jantung Anda.

  • Mengobati sembelit

Sembelit sangat berbahaya lho, dan kalau tidak cepat-cepat diobati maka nanti akan semakin memperburuk keadaan usus Anda, selain buah naga, buah pisang juga sangat baik sekali dalam menyembuhkan penyakit sembelit ini, karena dengan kandungan serat inilah yang mampu mengikat kotoran-kotoran dalam tubuh, dan menyembuhkan sembelit tentunya.

  • Menghaluskan kulit wajah

Kalau kita rutin dalam memakaikan masker buah pisang untuk wajah kita, maka secara tidak langsung akan membuat wajah kita semakin bersinar dan halus tentunya, dan ini mampu menjadikan wajah kita menawan seutuhnya.

  • Mengatasi penyakit diabetes

Penyakit diabetes adalah penyakit yang mematikan, penyakit ini  sangat berbahaya, dan index kematian juga hampir banyak disumbang oleh penyakit diabetes ini.
Kalau Anda sedang mengalami penyakit ini, yuk terapi dengan menggunakan buah pisang ini, karena ada lho jenis buah pisang dari Gorontalo yang enak sekali yaitu goroho, makanan ini adalah makanan yang dikukus dan dicampur dengan kelapa parut muda, dan makanan ini adalah makanan tambahan bagi penderita diabetes.

  • Mengatasi anemia
Penyakit anemia adalah penyakit yang dikarenakan oleh kekurangan darah, penyakit ini sangat berbahaya, karena akan membuat orang pingsan atau tidak sadarkan diri.

Jika anda mengalami penyakit ini, cobalah makan pisang sekitar 2 buah / sehari, karena buah pisang mengandung zat besi, dan zat besi tersebut membuat darah kita kembali normal.

  • Menyehatkan tulang dan gigi
Kandungan buah pisang, mengandung zat mangan yang cukup tinggi, dan ini membuat nutrisi tulang dan gigi kita mendapatkan nutrisi yang baik, dan itu membuat gigi dan tulang kita menjadi sehat dan kuat.

  • Menyeimbangan jumlah cairan dalam tubuh
Cairan dalam tubuh kita harus selalu dijaga, karena kebanyakan tubuh kita terdiri dari banyaknya cairan, dan kalau tidak dijaga maka akan membuat kita dehidrasi.

Dan dehidrasi harus cepat diobati karena akan membahayakan diri, dan untuk membuatnya normal adalah dengan mengkonsumsi buah yang mengandung kalium, karena kalium mampu membuat cairan dalam tubuh itu kembali normal, dan kabar baiknya adalah kalium ada dalam buah pisang.

  • Mencegah penyakit jantung
Buah pisang mengandung vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan, ini berfungsi dapat mencegah proses oksidasi lemak, dan tidak hanya itu saja zat kalium yang terkandung dalam buah pisang merupakan zat tonik untuk menjaga kesehatan jantung, sehingga tidak akan mendapatkan gangguan atau serangan jantung.

  • Meningkatkan mood
Jika anda lagi galau, yuk makan pisang hari ini, karena fungsi dari buah pisang sama dengan coklat, yang mana dipercaya dapat meningkatkan mood kita, sehingga kalau kita memakannya setiap hari, maka kita akan ceria setiap hari.

  • Menyembuhkan luka bakar
Jika anda mengalami luka bakar, entah itu luka bakar serius atau tidak, maka cobalah untuk mengobatinya secara alami, salah satunya adalah dengan buah pisang ini, dan caranya adalah dengan mengambil abu daun pisang lalu kemudian tambahkan minyak kelapa. Setelah itu oleskan pada kulit yang terkena luka bakar, maka akan sembuh secara alami tentunya.

  • Mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk
Nyamuk adalah binatang yang sangat menganggu, dan kalau nyamuk itu berjenis aides aigepti, maka sangat berbaha sekali, dan pastinya kita pernah kan digigit oleh nyamuk, dan setelah itu pasti akan gatal, nah dengan mengoleskan kulit pisang ke bagian yang gatal secara perlahan-lahan, maka dengan sendirinya rasa gatal akan berkurang.

  • Memperlancar peredaran darah
Kandungan potasium dan kalium dalam buah pisang, mampu memperlancar sirkulasi darah kita, ini sangat bermanfaat buat asupan energi baik ke otak maupun ke kaki, sehingga aktivitas kita sehari-hari dapat berjalan dengan baik dan lancar tentunya.

Jika anda tidak rutin menambahkan kandungan zat kalium dan potasium, maka akan terjadi gangguan dalam peredaran tubuh Anda, seperti tersumbatnya peredaran darah, atau matinya peredarah darah ini adalah cikal bakal dari penyakit stroke. Nah yuk mulai sekarang kita makan buah pisang ya.

  • Mengurangi rasa sakit ketika haid
Rasa sakit haid memang tidak terperikan, jika Anda nih buat kaum hawa lagi atau sedang mengalami tamu bulanan, pastikan jangan makan yang pedas-pedas, karena akan berefek atau menambah rasa sakit ketika masa-masa menstruasi, jika sakit itu semakin parah, cobalah untuk mengkonsumsi pisang, karena buah pisang dengan konstruk buah yang lunak mampu membuat atau mengurangi rasa sakit ketika sedang haid.

  • Mengurangi pembengkakan
Tingginya kadar vitamin B-6 dalam buah pisang, ternyata mampu membuat atau mengurangi pembengkakan, dan tidak hanya itu saja, vitamin B-6 mampu melindungi resiko diabetes.

  • Mengobati sakit maag
Penyakit maag adalah penyakit yang dihasilkan karena kurang atau terlambatnya makan, sakit maag ini sangat menganggu, karena rasa perihnya yang luar biasa sehingga mampu membuat tubuh kita lemas, nah kalau anda penderita sakit maag, cobalah untuk rutin mengkonsumsi buah pisang ini, karena dengan demikian, maka akan membuat usus anda menjadi sehat.


Demikian kumpulan khasiat buah pisang ini, semoga apa yang sudah kami jelaskan bermanfaat buat kita semua, terus kunjugi manfaatbuahnagaitu.blogspot.co.id ini ya, agar kita semua dapat memanfaatkan khasiat buah pisang untuk kesehatan kita semua. Terimakasih dan sampai jumpa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel